Dinkes Pandeglang Gerakan Perilaku Hidup Sehat Melalui Kampanye Germas

PANDEGLANG - Untuk meningkatkan partisipasi, pengetahuan, kesadaran, kemampuan dan kemauan hidup sehat bagai setiap orang dalam lingkungan adalah sangat diperlukan, demi terwujudnya derajat kesehatan yang optimal.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang Hj.Raden Dewi Setiani, Amd.Keb,S.Sos dalam sambutannya pada acara Germas yang dilaksanakan Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang di Kampung Wisata Cikadu, Kecamatan Panimbang, Selasa (29/01/19).

Menurut Dewi, dengan dilaksanakannya Germas ini dapat meningkatkan partisipasi masyarakat untuk penerapan pola hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari - hari dilingkungan masyarakat umumnya.

" Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. Pelaksanaan Germas harus dimulai dari keluarga, karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian,"ungkapnya.

Dewi menjelaskan untuk mewujudkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dikalangan masyarakat dapat dilakukan dengan berbagai macam cara seperti halnya melakukan aktivitas fisik, Mengonsumsi sayur dan buah, Tidak merokok, Tidak mengonsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan, dan menggunakan jamban.

" Pada tahap awal, Germas secara nasional dimulai dengan berfokus pada tiga kegiatan, diantaranya yaitu melakukan aktivitas fisik 30 menit per hari, mengonsumsi sayur dan buah dan memeriksa kesehatan secara rutin,"Jelasnya.

Masih dikatakan Dewi kampanye Germas bertujuan untuk menggugah kesadaran masyarakat dan pemangku kepentingan untuk melakukan gerakan hidup sehat, membangkitkan rasa tanggungjawab bersama bahwa hidup sehat harus diawali dari diri sendiri, keluarga dan masyarakat, menjadi momentum strategis sebagai tonggak awal dimulainya gerakan masyarakat hidup sehat, menggerakkan masyarakat dalam berperilaku hidup sehat, menggerakkan seluruh komponen bangsa untuk sehat, menggali atau mengenali sumberdaya, potensi dan kearifan lokal yang dimiliki masyarakat dalam mencapai hidup sehat.

Berdasarkan hasil pantauan Bantenplus di lokasi kegiatan selain mengkampanyekan PHBS, Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang juga membuka layanan pengecekan kesehatan gratis untuk masyarakat umum.

Selain di Kampung Wisata Cikadu, Kecamatan Panimbang, kegiatan yang sama juga di laksanakan di Kecamatan Carita pada tanggal 22 Januari 2019, Kecamatan Labuan pada tanggal 24 Januari 2019, Kecamatan Panimbang pada tanggal 29 Januari 2019, Kecamatan Cigeulis tanggal 30 Januari 2019.

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang Hj.Raden Dewi Setiani, Amd.Keb,S.Sos, Dr. H. R. Achmad Dimyati Natakusuma, Camat Panimbang Suhaedi Kurdiatna, Kepala Puskesmas Kecamatan Panimbang H. Endang Mulyadi.SKM. (Advertorial/Dinkes Pandeglang)


Berita Terkait