Jelang Pemilu 2019, Irna Narulita Tinjau Gudang Logistik KPU Pandeglang

PANDEGLANG - Pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, dapat dihitung dengan jari hingga 17 April Minggu depan, oleh sebab itu persiapan kelengkapan surat suara terus dipersiapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pandeglang. Hal ini terungkap saat Bupati Kabupaten Pandeglang Irna Narulita bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Pandeglang meninjau langsung gudang logistik KPU Kabupaten Pandeglang yang nerlokasi di Kampung. Samaboa, Kelurahan. Sukaratu, Kecamatan. Majasari, Senin (08/04/19).

Irna berharap selain dari persiapan logistik, sosialisasi juga harus terus dilakukan oleh semua pihak agar partisipasi masyarakat pada pemilu 2019 meningkat menjadi 80%.

"Pelaksanaan Pemilu serentak tahun ini merupakan perdana dilaksanakan, pada lima tahun lalu saja partisipasi masyarakat kurang lebih hanya 60% oleh sebab itu semua pihak membantu untuk terus mensosialisasikan agar masyarakat meningkat pada tahun ini," kata Irna saat meninjau pelipatan surat suara digudang logistik utama KPU.

Menurut Irna Pemda Kabupaten Pandeglang terus mensuport guna kelancaran pelaksanaan Pemilu pada 17 April mendatang. Dikatakannya, tidak moril Pemkab juga mendorong dari sisi materil dengan hibah kurang lebih sebesar 1 miliar untuk KPU Kabupaten Pandeglang.

"Kelancaran pemilu bukan hanya tugas KPU, aparat keamanan dan Bawaslu saja melainkan tugas semua pihak termasuk masyarakat salah satunya tidak melakukan penyimpangan yang dapat mencederai jalannya demokrasi. Untuk anggaran, tidak hanya dari kami ada juga dari APBN," ujar Irna.

"Kami juga menghimbau kepada semua ASN jangan sampai golput, untuk pilihan itu ada di hati masing -masing, yang terpenting adalah melaksanakan tugas sebagai warga negara untuk datang ke TPS melakukan pencoblosan," tambahnya.

Masih kata Irna, dirinya juga sudah memerintahkan kepada Assisten Pemerintahan, agar mendorong pihak Kecamatan untuk melakukan sosialisasi ke tiap desa sehingga masyarakat tidak kebingungan saat pelaksanaan pemilu nanti.

"Kemarin saja pada saat simulasi yang dilakukan masih banyak masyarakat yang kebingungan saat hendak memasukan surat suara karena ada lima dengan warna yang berbeda," imbuhnya.

Sementara Ketua KPU Kabupaten Pandeglang Ahmad Sudja'i mengatakan, pelaksanaan pelipatan surat suara yang dilakukan digudang utama adalah untuk 12 Kecamatan yang tidak memiliki gudang sementara.

"Ada 35 Kecamatan se Kabupaten Pandeglang, dan disini ada 12 diantaranya Kecamatan Bojong, Saketi, Labuan, Cisata, Mandalawangi, kaduhejo, koroncong, cadasari. Sisanya 23 Kecamatan di gudang sementara masing -masing Kecamatan, "kata Sudja'i.

Ahmad Sudja'i meyakini jika saat ini pelipatan surat suara dan persiapan kotak suara di seluruh gudang sudah mencapai 98%. Namun memang kata dia, saat ini ada sedikit kekurangan dari surat suara.

"Tapi itu tidak begitu menjadi masalah karena saat ini sedang kami lengkapi, dan saya pastikan satu hari sebelum pencoblosan semua sudah terpenuhi,"tandasnya. (Aldo)


Berita Terkait