Pramuka Kwarcab Pandeglang Gelar Jota ke 61th dan Joti Ke 22th

Pandeglang, BantenPlus.co.id - Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kabupaten Pandeglang menggelar Jambore On The Air (JOTA) 61th dan Jambore On The Internet (JOTI) 22th, yang di laksanakan di dua tempat terpisah yaitu di Ruang Pintar dan di diskomsantik Kabupaten  Pandeglang pada hari Jum'at 19 sampai hari Minggu 21 Oktober 2018. Kegiatan JOTA-JOTI ini dilaksanakan secara serentak oleh Gerakan Pramuka di seluruh Indonesia.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 107 orang peserta dari anggota Pramuka Penggalang, Penegak dan Pandega di jajaran Gerakan Pramuka Kwarcab Kabupaten Pandeglang. JOTA-JOTI ini dibuka secara resmi oleh Ketua Gerakan Pramuka Kwarcab Pandeglang Dodo Djuanda.

Secara nasional, apel pembukaan pelaksanaan JOTA-JOTI dilaksanakan pukul 14.00 WIB, Ju'mat (19/10/2018) oleh Kwarnas Gerakan Pramuka dan akan ditutup Minggu (21/10/2018) pukul 13.00 WIB. Untuk Kwarcab Pandeglang, kegiatan JOTA bekerja sama dengan ORARI Cabang Pandeglang.

Andalan Cabang Urusan Bina Muda Kwarcab Kabupaten Pandeglang Fadhli Fajar Fissabti menyampaikan, bahwa melalui kegiatan ini bisa bersahabat dengan sesama anggota Pramuka se-Indonesia dan Pandu se-Dunia.

“Pengalaman ini merupakan pengetahuan bagi adik-adik Penggalang, Penegak dan Pandega dalam berkomunikasi melalui udara (radio) dan IT (Informasi Teknologi),” katanya.Sementara Wakil Sekretaris Gerakan Pramuka Kwarcab Kabupaten Pandeglang mengatakan,  kegiatan tersebut bertujuan untuk melatih anggota Pramuka di Kwartir Cabang Kabupaten Pandeglang khususnya untuk terampil berkomunikasi melalui radio amatir dan membangun kembali minat anggota Pramuka Penggalang, Penegak dan Pandega khususnya untuk menggunakan radio amatir sebagai alat komunikasi.

“Serta memberikan pengalaman berharga bagi adik-adik Pramuka Penggalang, penegak dan pandega di Kwartir Cabang Kabupaten Pandeglang dalam melatih berkomunikasi melalui media,” ungkapnya.

Menurut Gugun, dalam kegiatan ini para Pramuka Penggalang, Penegak dan Pandega ini oleh ORARI diberikan materi tentang teknik menggunakan bahasa internasional dengan kode-kode cara berkomunikasi.

“Perlu diketahui bahwa callsign Kwarcab  Kabupaten Pandeglang adalah YC1ZVS Ini resmi dan diakui secara internasional. Jadi begitu disebut callsign tersebut pasti akan tertuju kepada Kwarcab Kabupaten Pandeglang” jelasnya.

Disamping mendapatkan sertifikat dan Tiska (Tanda Ikut Serta Kegiatan) ungkap Gugun, dengan pengalaman berkomunikasi adik-adik bisa menambah wawasan komunikasi itu sendiri dan memperoleh banyak teman sesama Pramuka, khususnya Indonesia dan kepanduan internasional.

Kegiatan Jota Joti yang di selenggarakan pada tahun 2018 kali ini sepenuhnya di dukung oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Pandeglang, melalui Dinas komunikasi Informatika sandi dan setatistik (Diakomsantik) Kabupaten Pandeglang dalam bentuk dukungan fasilitas ruang pintar setda pandeglang.


(Aldo)


    Berita Terkait