Sosialisasikan Pemilu 2019, KPU Pandagleng Gandeng Ormas

Bantenplus.co.id, Pandeglang, - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pandeglang memastikan bahwa seluruh organisasi masyarakat (ormas) di wilayah Kabupaten Pandeglang adalah mitra sosialisasi Pemilu 2019. Oleh karena itu, peran ormas sangat dibutuhkan dalam rangka meningkatkan partisipasi Pemilu.

"Sesuai UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, selain penyelenggara Pemilu, Pemda dan para stakeholder juga memiliki kewajiban untuk mensukseskan Pemilu 2019," kata Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat (Parmas) dan Sumber Daya Manusia (SDM) KPU Pandeglang, saat sosialisasi pendidikan pemilih pada acara Harlah Nahdlotul Ulama (NU) ke-93 di Majlis Taklim Al-Awwabin, Desa / Kecamatan Sobang, Kabupaten Pandeglang, Kamis (31/1/2019).

Dikatakan Ahmadi, ormas di Pandeglang cukup banyak, sehingga potensi ini bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin. Mengingat, KPU RI juga sudah menargetkan partisipasi pemilih dalam Pemilu 2019 ini sebesar 77,5 persen.

"Insya Allah target itu bisa tercapai, kuncinya kita terus berkoordinasi dan bersilaturahmi dengan semua pihak, termasuk ormas untuk terus melakukan sosialisasi Pemilu. Ini bagian daripada ikhtiar," tutur Ahmadi.

Sekretaris Pengurus Cabang (PC) NU Pandeglang H Munirul Ikhwan menyambut baik sosialisasi Pemilu yang dilakukan oleh KPU Pandeglang ke organisasi lembaganya. Ia juga mengajak kepada kader-kader NU di Pandeglang untuk ikut berpartisipasi mensosialisasikan bahwa tanggal 17 April 2019 akan dilaksanakan Pemilu serentak yakni Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, Dewan Perwakilan Daerah (DPD), DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten / Kota.

"Para pengurus NU di bawah memang banyak yang memiliki pondok pesantren (Ponpest), para pengajar di lembaga pendidikan dan menekuni profesi lainnya. Ini harus dimanfaatkan dengan terus melakukan sosialisasi Pemilu," tandasnya. (Us/red)


Berita Terkait