Desa Dituntut Lakukan Terobosan Inovasi

Desa Dituntut Lakukan Terobosan Inovasi (Ilustrasi: Banten Plus) (foto: Desa Dituntut Lakukan Terobosan Inovasi)

SERANG – Sebagai upaya meningkatkan perekonomian masyarakat Desa dan menyumbang pendapatan asli desa (PADes) di Kabupaten Serang. Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah meminta seluruh Desa melakukan terobosan inovasi. Hal itu,  diungkapkan Tatu saat membuka pasar rakyat dan UMKM, bursa inovasi Desa dan bedol bendung Pamarayan Tahun 2018 di Lapangan Kecamatan Cikeusal, Kamis (11/10/2018).

Turut hadir,  Ketua Lembaga Administrasi Negara (LAN) Adi Suryanto, Ketua DPRD Kabupaten Serang Muhsinin, Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa,  dan seluruh Kepala OPD Pemkab Serang.

Tatu mejelaskan, Desa yang melahirkan inovasi dapat menekan angka pengangguran dan menyumbang PADes untuk pengembangan Desa. " Desa pariwisata kan banyak pengunjung, ekonomi masyarakat juga naik, juga bisa menambah PADes kalau dikembangkan," katanya.

Dalam pameran tersebut, Pemkab Serang memberikan  porsi besar dan menjadikan industri kereatif pemeran utama. "Pada acara ini, bukan hanya jumlah pengunjung yang kita targetkan, yang terpenting itu produk UMKM bisa dikenal," ujarnya.

Ia juga berharap, BUMDes bisa menciptakan lapangan pekerjaan.  Salah satunya, pembentukan wisata bisa menjadi sumber PAD. "Harapannya, semua Desa punya inovasi untuk memunculkan potensi masing masing Desa dan mensejahterakan desa sendiri," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Serang, Abdul Wahid mengatakan, pameran UMKM yang dilakukannya sebagai promosi produk untuk  dikenal hingga tingkat Nasional. " Ini kan pesta rakyat, Kita juga mengundang dari berbagai daerah untuk mengikuti festival ini," katanya.

Ia juga akan terus  mendorong promosi produk unggulan UMKM sebagai upaya mengembangkan pelaku UMKM di Kabupaten Serang. "Ke depan, promosi (produk UMKM-red) terus kita gencarkan," pungkasnya.

Wahid berharap, pameran tersebut mendatangkan pengunjung sebanyak banyaknya. Pasalnya, dalam kegiatan tersebut terdapat bedolan Pamarayan yang menjadi objek wisata " Kita harapkan maskimal masyarakat datang kesini seperti tahun lalu bisa ramai. Dan ini pesta rakyat dan inovasi. Kita mengundang se Banten," pungkasnya. (Pik/red)

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Tulis Komentar Dengan Bijak Sesuai dengan ToS