Pokja Relawan Pandeglang Akan Gelar ERP

Pokja Relawan Pandeglang Akan Gelar ERP (Ilustrasi: Banten Plus) (foto: Logo Ekspedisi Relawan Pandeglang Tahun 2018 ( foto-aldo))

Pandeglang - Pokja Relawan Pandeglang akan kembali menggelar Ekspedisi Relawan Pandeglang (ERP 2018), kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Relawan Internasional yang setiap tahunnya diperingati pada tanggal 5 Desember, Kegiatan ini rencananya akan dilaksanakan di Kampung Janaka, Desa Jayamekar, Kecamatan Jiput tanggal 7-9 Desember mendatang selama 3 hari.

Lokasi pelaksanaan ERP tahun 2018 ini berbeda dibanding tahun lalu yang memilih kawasan Taman Nasional Ujung Kulon sebagai camp. Karena tahun ini, kegiatan ERP akan dilaksanakan disekitar pemukiman masyarakat, yang mana nantinya kegiatan ERP tersebut lebih bersifat Sosial.

"Walaupun begitu semoga tidak mengurangi esensi dan semangat teman-teman Pokja Relawan Pandeglang untuk terus bergerak dan memberi manfaat bagi masyarakat di Kabupaten Pandeglang" ujar Ketua Pelaksana ERP 2018, Dede, Selasa (04/12/18).

Menurut Dede, pertimbangan memilih lokasi yang lebih dekat lantaran pihaknya menilai masih banyaknya masyarakat Pandeglang yang meski lokasinya tidak begitu jauh dengan pusat kota namun tingkat kesejahteraannya masih rendah. 

"Meskipun sempat mengalami kebingungan untuk menentukan lokasi yang pas, akhirnya panitia sepakat untuk melaksanakannya di daerah Kampung Janaka, Desa Jayamekar, Kecamatan Jiput," jelasnya.

Acara ERP tahun ini akan diisi dengan beberapa kegiatan diantaranya santunan lansia dhuafa, Jambore 100 anak, pemeriksaan mata dan screening katarak gratis, pemeriksaan kesehatan gratis, aksi bersih-bersih lingkungan, kemping ceria dan malam keakraban relawan.

Menurut data yang di dapat dari aparatur desa, jumlah lansia mencapai 150 orang. Namun data tersebut akan dipilah kembali dan diprioritaskan bagi lansia dhuafa, mengingat masih terbatasnya dana yang terkumpul.

"Secara garis besar isi kegiatan ERP 2018 tahun ini tidak jauh berbeda dengan kegiatan tahun 2017. Hanya saja tahun ini ada beberapa penambahan sub kegiatan seperti pemeriksaan kesehatan gratis bekerjasama dengan Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) dan juga pemeriksaan kesehatan mata dan screening katarak bekerjasama dengan Rumah Sakit Achmad Wardi (RSAW) Banten," beber Dede.

Selain penambahan isi kegiatan, untuk melengkapi rangkaian acara aksi bersih-bersih lingkungan Pokja Relawan Pandeglang menggandeng serta Trash Bag Community untuk bergabung. 

Trash bag Community merupakan salah satu komunitas peduli lingkungan yang cukup konsen dengan permasalahan lingkungan di Pandeglang dan giat melakukan edukasi lingkungan baik ke anak sekolah maupun masyarakat.

"Semoga kegiatan dapat berjalan dengan baik dan yang paling utama adalah dapat dirasakan betul manfaatnya oleh masyarakat," tandasnya. (Aldo)

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Tulis Komentar Dengan Bijak Sesuai dengan ToS