Satelit News Akan Gelar Diskusi Panel Kepariwisataan,"Mengupas Carita Yang Punya Cerita"

Satelit News Akan Gelar Diskusi Panel Kepariwisataan,"Mengupas Carita Yang Punya Cerita" (Ilustrasi: Banten Plus) (foto: Diskusi Panel Kepariwisataan,"Mengupas Carita Yang Punya Cerita")

Pandeglang- Satelit News sebagai salah satu media lokal di Banten. Akan menggelar Diskusi Panel Kepariwisataan, dengan mengusung tema " Carita Punya Cerita, Doeloe, kini dan nanti," yang akan di gelar di Hotel Mutiara Carita pada 11 Desember 2018 mendatang.

Acara tersebut dilatar belakangi dari rasa kepedulian, dan ingin memberikan kontribusi nyata terhadap dunia kepariwisataan di Kabupaten Pandeglang, khususnya obyek wisata Pantai Carita, yang saat ini keberadaanya terkesan terlupakan, oleh derasnya dukungan promosi, maupun geliatnya program yang selalu digiring ke Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Leusung, menjadikan "Carita hanya sebuah Cerita."

Menyikapi fenomena tersebut, Satelit News sebagai salah satu media harian lokal di Banten, mencoba untuk hadir dan memberikan kontribusi nyata dalam memecahkan persoalan - persoalan di dunia kepariwisataan khususnya di obyek wisata Pantai Carita.

Kepala Biro Banten Satelit News, Mardiana Tirtalaksana mengaku, diadakannya kegiatan itu, yakni untuk mengupas sisi Historis Carita, yang saat ini terkesan hanyalah sebuah Cerita, disamping mencari formulasi dan "Win-Win Solution" yang terbaik, agar Carita Kembali Bercerita tanpa. Karena sejatinya, Carita juga merupakan bagian dari sektor wisata yang ada di Pandeglang ini.

“Gagasan ini sebetulnya muncul secara spontan. Karena diawali dari rasa keprihatinan kami terhadap Carita, yang terkesan terlupakan oleh Pemerintah Daerah, Provinsi, maupun Pusat. Padahal, kawasan wisata pantai Carita ini, memiliki segudang potensi yang dulu sempat berjaya pada masanya. Namun kini geliatnya mulai lesu, ditambah keberadaanya yang mulai terkikis dari program marcusuar sang Pembijak, dengan KEK-nya," ungkap Mardiana.

Dikatakannya juga, bahwa kegiatan Diskusi Panel Kepariwisataan itu, juga merupakan bagian dari peran aktif media, dalam ikut serta memberikan sumbangsih pada Pemerintah Daerah, sebagai mitra kerja, dalam mewujudkan Wisata Bisnis yang menjadi salah satu Visi Misi, Irna Narulita dan Tanto Warso Arban di Kabupaten Pandeglang.

"Dalam Diskusi Panel ini, rencananya kita akan menghadirkan sejumlah tokoh pembicara, yang kompeten dibidangnya masing-masing, mulai dari akademisi, pelaku wisata di Carita, legeselatif selaku pembuat regulasi, dan eksekutif selaku pelaksana regulasi, maupun selaku pembuat kebijakan. Dimana peserta diskusi, kita akan libatkan seluruh stakeholder kepariwisataan, yang ada di Carita," tambahnya.

Sementara itu Ketua Pelaksana Kegiatan, Nipal Sutisna mengatakan, bahwa kegiatan Diskusi Panel Kepariwisataan, rencananya akan dilaksanakan pada hari Selasa 11 Desember 2018 mendatang, dengan progres persiapan acara, diakuinya telah mencapai 80 persen.

“Kalau tidak ada perubahan dan halang merintang, Insya Allah, kegiatannya dilaksanakan tanggal 11 Desember nanti. Terkait waktu, dalam jadwal acara kita sih kita mulai paling lambat pukul 09.00 WIB,” kata Nipal, Kamis (06/12/18).

Nipal pun menambahkan, diharapkan dari kegiatan ini, ada program bersama antara stakeholder terkait untuk membangkitkan dan meningkatkan angka kunjungan wisatawan ke Carita. Sehingga, kawasan wisata Carita yang saat ini sudah bagus, akan semakin bagus ketika ditopang oleh kebijakan Pemda dan didukung oleh program unggulan Pemda itu sendiri.

“Intinya, tempat wisata itu tidak cukup hanya dengan aman. Tapi juga harus Nyaman dan Berkesan. Sehingga wisatawan yang datang, akan lebih betah, serta memiliki kesan positif, yang selanjutnya akan kembali dengan rasa rindu terhadap kesan yang indah tentang Carita," tandasnya. (Aldo)

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Tulis Komentar Dengan Bijak Sesuai dengan ToS