Targetkan UHC Kepesertaan JKN-KIS, BPJS Kesehatan Serang Sasar Pedesaan

Targetkan UHC Kepesertaan JKN-KIS, BPJS Kesehatan Serang Sasar Pedesaan (Ilustrasi: Banten Plus) (foto: Targetkan UHC Kepesertaan JKN-KIS, BPJS Kesehatan Serang Sasar Pedesaan)

SERANG - BPJS Kesehatan Cabang Serang melakukan penandangan Kerja sama dengan Desa Harjatani tentang optimalisasi pendaftaran Peserta JKN -KiS bagi pekerja bukan penerima upah dan bukan pekerja, bertempat di Kantor Desa Harjatani, Kecamatan Kramatwatu, kabupaten Serang, Senin (06/08/2018).

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Serang Sofyeni mengatakan program ini adalah melibatkan Pemerintah desa Harjatani dalam mencapai target Universal Health Coverage (UHC)  kepesertaan JKN - KIS, sebab menurutnya desa harjani dipilih karena cakupan kepesertaan JKN KIS sudah melebihi ketercapaian tingkat Kabupaten dan Nasional. 

"Jadi kita mulai dari desa, supaya nanti bisa mnjadi contoh desa yang lainnya, dan menjadi UHC Sekabupaten Serang," ujarnya.

"Kalo secara Nasional sudah 77 persen, kalo diwilayah kabupaten serang 75 persen, kalo di turunkan  kedesa Harjatani 82 persen, kalo untuk mencapai 95 persen, desa harjatani tinggal 13 persen lagi," tambahnya. 

Ia menjelaskan, melalui Pemerintah desa bisa memaping, menetapkan masyarakat di Desa Harjatani perkelompok dahulu, persegmen peserta, nanti di kelompok ini, pendaftarannya perkelompok desa.

"Jadi diharapkan mudah-mudahan 5 bulan kedepan masyarakat di desa harja tani 95 persen sudah memiliki JKN KIS," jelasnya. 

Pilot Projek ini, kata Sofyeni, dirancang untuk bisa mengoptimalkan pelayanan BPJS hingga tingkat desa yang paling dekat dengan masyarakat sehingga  menjadi contoh daerah lainnya. 

"Dengan kerjasama ini, memudahkan masyarakat untuk mendaftar melalui Drop bOx, dan bisa melalui kader kami, tidak usah jauh-jauh datang ke kantor BPJS," pungkasnya. (den/red).

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Tulis Komentar Dengan Bijak Sesuai dengan ToS